Kenali 8 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Ini dan Cara Menanganinya

Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus

Memiliki karakteristik anak berkebutuhan khusus di rumah merupakan suatu anugerah. Karena anak-anak yang memiliki karakter tersebut seringnya dianggap sebagai musibah bagi sebagian orang tua. Hal ini tidaklah benar, sebab anak-anak berkebutuhan khusus tetaplah anak yang dititipkan Tuhan ke pada sekian orang tua. Anak-anak berkebutuhan khusus memang mendapatkan perlakuan yang berbeda dari anak normal biasanya.

Perilaku pada anak berkebutuhan khusus juga beragam dan berbeda-beda. Jika dibandingkan dengan anak normal biasa tentu karakteristik anak berkebutuhan khusus pasti lebih mudah dikenali. Karena dari segi perilaku, emosi, fisik dan mental anak berkebutuhan khusus sangat mencolok dan berbeda dari yang lain. Dulu anak berkebutuhan khusus tergolong penyandang ketunaan atau cacat. Namun sekarang lebih dikenal dengan anak berkebutuhan khusus.

Mendidik serta menangani yang memiliki karakteristik anak berkebutuhan khusus memang menjadi kewajiban orang tua. Sehingga orang tua perlu untuk mengenali dan memahami karakter tiap anak yang memiliki kebutuhan khusus tersebut. Mengenali karakteristik anak berkebutuhan khusus sejak dini akan berpengaruh untuk masa depannya.

Mengenali Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus memiliki jenis yang berbeda-beda. Ciri dari anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu, tunadaksa, tunanetra, gifted, autism, retss disorder dan lain sebagainya. Banyak ciri yang kasat mata yang dapat memudahkan para orang tua untuk mengenali anak berkebutuhan khusus. Berikut 8 golongan karakteristikanak berkebutuhan khusus yang harus orang tua kenali:

  1. Kelainan pada fisik

Kondisi fisik anak berkebutuhan khusus pada umumnya mengalami komplikasi pada bagian organ tubuhnya. Biasanya disebabkan oleh proses pembelahan kehamilan yang tidak sempurna. Kelainan fisik di sini bisa akibat cacat fisik maupun sakit komplikasi.

  1. Susah untuk komunikasi

Saat memiliki karakteristik anak berkebutuhan khusus, mengenalinya bisa dengan mudah seperti pada saat komunikasi anak tidak lancar.

  1. Kesulitan dalam belajar

Anak berkebutuhan khusus akan kesulitan dalam menulis maupun membaca. Karena mereka terhambat dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dengan menulis dan membaca.

  1. Tidak berhenti bicara

Sebagian anak berkebutuhan khusus suka mengoceh atau berbicara tanpa henti. Akan banyak kata-kata yang tidak mudah dimengerti karena si anak mengoceh bukan untuk berkomunikasi, namun hanya untuk kepuasan si anak.

  1. Introvert atau pendiam

Karakteristik anak berkebutuhan khusus yang satu ini memang berbanding terbalik dengan anak yang tidak berhenti mengoceh atau bicara. Karena introvert lebih ke pendiam dan tidak menyukai lingkungan yang ramai. Biasanya anak yang seperti ini seringnya dimanjakan oleh keadaaan nyaman yang berlebihan. Sehingga emosi serta mentalnya tidak mampu menyesuaikan dengan baik.

  1. Sangat emosional

Secara garis besar, anak berkebutuhan khusus secara emosional bisa karena terjebak dalam kondisi seperti depresi, stres dan kesepian. Jika anak menunjukan tanda-tanda seperti tiba-tiba kesal dengan orang lain tanpa sebab, maka sudah pasti anak terganggu emosionalnya. Jadi sebagai orang tua wajib koreksi diri dan merubahnya dengan segera agar anak tidak larut dalam emosinya sendiri.

  1. Membangkang

Karakteristik anak berkebutuhan khusus juga kadang ada yang menunjukan tanda-tanda terlalu sering membantah dan membangkang. Anak tersebut juga mudah marah dan sangat temperamen.

  1. Suka meniru

Banyak karakteristik anak berkebutuhan khusus yang senang meniru apa pun yang terlihat oleh mata si anak. Jadi orang tua harus waspada ketika mencontohkan hal-hal yang bisa mempengaruhi anak tersebut.

 

Artikel Relevan : madu anak