Penyebab Anak Kidal

anak kidal

Di dunia ini satu dari banyak nya orang yang terlahir di dunia terlahir dengan menggunakan dominan tangan kiri atau sering disebut dengan bertangan kidal. Lalu apa yang menyebabkan anak kidal apakah dari lahir dan kapan orang tua bisa mengetahui sejak kapan anak kidal itu apa dari kandungan atau seiring berjalan nya waktu.

Yang Membuat Anak Kidal

Banyak ahli yang percaya bahwa penyebab anak menjadi kidal dapat berasal dari saraf yang ada di dalam sumsum tulang belakang. Pada awal nya banyak yang mengira ngira bila korteks motorik otaklah yang dapat mengirimkan sinyal ke dalam sumsum tulang belakang. Yang berfungsi dalam menggerakan  kaki dan juga tangan. Namun juga ada yang menyebutkan bahwa korteks motorik otak belum terhubung di sumsum tulang belakang di usia kehamilan sekitar delapan minggu.

Namun bila dilihat lagi di saat bayi berumur delapan minggu ini sudah dapat menggerakan tangan ke berbagai arah yang disukai nya. Dengan begitu kecenderungan untuk memakai salah satu tangan ternyata telah terbentuk dari usia minggu ke delapan dalam kehamilan. Atau dengan bahasa lain bayi sudah dapat memilih tangan favorit mana yang sering dia gunakan sebelum otak mengendalikan gerak gerik tubuh.

anak kidal

 

Walau sejak masih dalam perut anak sudah menunjukan tangan mana yang menjadi favorit dalam penggunaannya, namun hal ini belum dapat menjadi faktor penentu apa anak besok akan lebih aktif menggunakan tangan kiri nya atau tidak. Sebuah penilitian menyatakan bahwa anak akan mulai kelihatan lebih aktif menggunakan tangan kanan atau kiri di saat usia mereka sekitar dua sampai tiga tahun.

Namun ada juga yang sudah terlihat di usia delapan belas bulan dan ada juga anak yang dapat aktif dengan menggunakan kedua tangannya. Namun bila anda menginginkan hal pasti apakah anak kidal atau tidak adan bisa mencoba mengetest dengan memberikan mainan dan menunggu anak meraih tangannya.

Mencoba menggelindingkan bola lalu lihat tangan mana yang meraih bola terlebih dahulu karena anak cenderung menggunakan tangan yang sering digunakan karena merasa lebih kuat dan cekatan.

Bila anak kidal, orang tua jangan memaksa anak untuk mengubah kebiasaan anak dari dominan tangan kiri harus ke tangan kanan. Sistem pemaksaan ini akan berdampak pada anak menjadi frustasi serta menghambat proses belajar anak karena otak dan sistem saraf anak tidak dirancang untuk melakukan tugas sesuatu dengan menggunakan tangan kanan.

Yang harus dipahami oleh semua orang bahwa tangan kidal itu bukanlah suatu kutukan dan setiap anak merupakan anugerah dan karunia yang indah bagi setiap orang tua. Tugas orang tua adalah mendorong dan memberikan anak percaya diri dengan keunikan yang anak miliki.

 

artikel terkait : madu anak