6 Manfaat Baik Dongeng Untuk Anak

dongeng untuk anak

Seiring berkembangnya jaman, di jaman sekarang sudah sangat maju dengan teknologi dengan maju nya teknologi ini kegiatan mendongeng pun sudah nyaris terlupakan oleh para orang tua. Bila dilihat manfaat dongeng untuk anak ini sangat baik bila didengarkan oleh anak terlebih yang mendongeng orang tua nya sendiri. Manfaat yang di dapat dari dongeng untuk anak diantara lain sebagai berikut:

  1. Baik untuk perkembangan sosial serta emosional

Dengan mendongengkan untuk anak ini kita dapat menyelipkan ajaran norma norma seperti agama, sosial serta sopan santun. Bukan hanya teori saja yang diajarkan  namun dongeng untuk anak juga mengajarkan secara tidak langsung bagaimana cara melakukannya.

Semua anak anak biasanya cenderung memiliki kesulitan dalam mempelajari nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng untuk anak kita dapat memberikan contoh melalui tokoh yang ada di dalam cerita dongeng tersebut.

  1. Mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak

Orang tua yang memiliki jadwal yang padat dapat membuat komunikasi antar anak menjadi kurang intensif. Dengan melakukan mendongeng untuk anak akan membuat ikatan batin serta memiliki komunikatif yang efektif bagi orang tua dan juga anak.

dongeng untuk anak

  1. Baik untuk perkembangan kognitif

Bila ingin memperluas pengenalan objek pada anak, saat anda sedang mendongeng anda bisa menggunakan alat peraga seperti boneka atau buku bergambar. Dengan cara yang seperti itu anak dapat melihat bentuk dari tokoh yang diceritakan dari dalam dongeng. Efek lain dari dongeng juga dapat menambah wawasan untuk anak, dari kisah kisah dongeng anak dapat mendapatkan informasi. Selian itu melalu dongeng ini juga pikiran anak akan menjadi lebih kritis, lebih baik dan lebih cerdas. Dengan dongeng untuk anak ini juga dapat membuat anak mengerti perbuatan yang perlu ditiru dan perlu untuk dijauhi.

  1. Membangkitkan mint abaca anak

Dengan anda memberikan dongen untuk anak dapat memiliki efek positif anak menjadi tertarik dan lebih penasaran dengan dongeng tersebut. Dengan inilah keinginan anak untuk membaca semakin meningkat.

  1. Mampu meningkatkan keterampilan berbahasa

Dengan mendongeng dapat menstimulasi dan dapat merangsang ketarmpilan bahasa pada anak.  Kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dapat membuat anak menjadi mudah menyerap dalam bertutur kata yang sopan. Bila anak sering mendengarkan orang tua nya mendongeng dapat membuat perkembangan linguistiknya meningkat lebih baik dari pada anak yang tidak pernah didongengkan.

  1. Mengembangkan daya imajinasi anak

Di usia anak anak mereka menganggap dunia nya ialah dunia imajinasi. Biasanya anak memiliki dunia nya sendiri dan tak jarang juga mereka berbicara dengan teman khayalannya. Disaat seperti ini orang tua harus mengarahkan daya imajinasi anak kea rah yang positif agar tetap terkontrol.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*