Cara Menyapih Anak Secara Alami Tanpa Harus Menakuti Si Kecil

cara menyapih anak secara alami

Menghentikan anak setelah 1 tahun menyusu memang gampang-gampang susah. Apalagi dengan cara menyapih anak secara alami, pasti banyak kaum ibu yang mengalami kesulitan dalam hal itu. Ada sebagian anak yang tidak mau berhenti dan akhirnya menimbulkan pemaksaan pada sang ibu untuk mau tidak mau menghentikannya. Hal tersebut dilakukan karena banyak para ibu yang terganggu dengan aktifitas menyusui anak, kemudian ingin menyapih anak.

Banyak cara yang kemudian dilakukan oleh sebagian kaum Ibu untuk menyapih, salah satunya dengan mengoleskan brotowali ke putting susu. Ada juga Ibu yang nekat mengoleskan cabai sehingga membuat anak takut dan tidak mau minum susu Ibu lagi. Selain cara ini salah dan kejam, mengoleskan brotowali dan cabai pada putting susu dapat mengakibatkan anak mengalami diare dan menyengat mulut anak.

Lalu banyak para Ibu yang mengetahui bahwa cara tersebut salah, banyak Ibu yang beralih dengan cara menyapih anak secara alami. Bagaimana sih cara alami menyapih anak? Jika memang sudah tiba waktu anak untuk berhenti minum asi Ibu, maka yang harus dilakukan adalah melakukannya dengan penuh kasih. Usahakan jangan menakuti anak dengan mengoleskan berbagai rempah menyengat atau menempelkan hansaplast pada putting Bunda. Pastikan menggunakan cara yang lebih baik yaitu penuh kasih sayang dan cinta.

Cara Menyapih Anak Secara Alami yang Benar

Menghentikan atau menyapih anak agar tidak mengkonsumsi asi lagi memang diperlukan guna menandai anak akan beranjak dewasa. Berikut cara menyapih anak secara alami yang benar dan bisa Bunda terapkan di rumah:

  • Mengurangi frekuensi menyusui suatu waktu pada anak
  • Tidak menawarkan namun juga tidak menolak ketika anak meminta
  • Membiasakan anak untuk minum menggunakan cangkir dibandingkan dengan botol
  • Mulai menidurkan anak tanpa menyusui
  • Mulai mengenalkan anak dengan MPASI
  • Selalu memberikan pengertian atau komunikasi pada anak
  • Jangan tiba-tiba dalam menyapih anak
  • Pahami kondisi anak sebelum menyapih

Dalam proses penyapihan anak lebih baik focus pada kenyamanan  si anak. Bunda bisa melakukannya dengan penuh cinta kasih dibandingkan dengan cara-cara yang membuat anak tidak nyaman. Hal yang paling penting untuk Bunda adalah tidak perlu memusingkan dan membandingkan cara orang lain dalam menyapih anak-anak mereka. Sebab, setiap Ibu adalah dunia tersendiri untuk anak-anaknya.

Jadi lebih baik lakukan cara menyapih anak secara alami saja untuk menghindari ketidaknyamanan si kecil. Jika terus menerus mengajak komunikasi anak, lama-lama anak akan mengerti dan anak akan berhenti untuk menyusu. Cara menyapih anak secara alami bisa dengan mudah Bunda lakukan jika mampu berkomunikasi dengan baik ke anak. Yuk Bun, menyapih anak dengan cinta kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*